Mengapa Email Saya dianggap Spam? Inilah Penyebabnya

Artikel yang mengulas mengenai mengapa email saya dianggap spam dan bagaimana cara mengatasi email yang masuk ke spam. Silahkan di baca. Email premium, abiebdragx.
Mengapa Email Saya dianggap Spam? - Bagi sebagian banyak orang, email merupakan alat yang penting untuk mendukung komunikasi mereka. Akhir-akhir ini, saya juga mulai merasa demikian, banyak kebutuhan yang terkait erat dengan komunikasi saya lakukan dengan email. Dan itu sangat membantu.

Beberapa waktu yang lalu, saya menemukan kejanggalan ketika saya mencoba mengirim email pada salah satu teman saya dan dikabari bahwa pesan saya masuk kedalam kategori spam. Padahal, konten yang saya lampirkan hanya berupa teks dan saya yakin betul isinya pesan pribadi, atau bukan hal-hal yang mengarah pada konsekuensi pesan spam.

Akhirnya, berkat pemberitahuan itu, saya menyelediki mengapa email bisa dianggap spam, apa penyebabnya, bagaimana mengatasinya dan mencari solusi agar email tidak dianggap spam.

Apa sih Penyebab Email masuk Folder Spam?

Rupanya ada beberapa penyebab penting mengapa email yang saya kirim dikategorikan sebagai spam. Pada bagian ini perlu sekali diperhatikan agar kejadian serupa tidak terulang lagi, dan semoga anda terhindar dari masalah seperti yang saya alami.

Berikut penyebab utama kenap email dikategorikan sebagai pesan spam:
  1. Domain email terdaftar dalam spam blacklist. Ini penyebab yang cukup sering dialami ketika pesan yang dikirim justru masuk pada kotak spam. 
  2. Email masuk kotak spam akibat filter konten. Kebanyakan penyedia email saat ini, akan memverifikasi terlebih dahulu konten pesan yang masuk sebelum ditampilkan pada kotak masuk email.
  3. Email dengan konfigurasi satu arah. Basis mekanisme email ialah dua arah dimana penerima dan pengirim dapat saling bertukar pesan. Nah ketika konfogurasi yang diatur berubah menjadi satu arah maka secara otomatis pesan yang dikirim akan masuk pada kotak spam.
  4. Mencampur Konten http dan https. Ini yang sekarang cukup marak terjadi, jangan mencampur konten http dan https dalam satu email jika tidak ingin dianggap spam.

Cara mengatasi Email yang Masuk ke Spam

Penyebab di atas akan saya jabarkan solusinya di bawah. Pada umumnya email akan di anggap spam untuk tujuan keamanan. Ini penting karena sistem menilai jika suatu pesan yang seharusnya masuk sebagai spam tapi tetap ditampilkan maka dikhawatirkan akan merugikan pemilik email. Dalam hal apapun.

Hapus Domain Email dari Daftar Spam Blacklist

Setiap pesan yang dikirim melalui email memiliki alamat ip yang terikat dan tidak bisa dimanipulasi. Alamat ip ini melekat pada alamat domain email. Contohnya @gmail.com, @mail.com dan seterusnya.

Jika domain yang digunakan telah masuk pada daftar spam black list maka cara untuk mengatasinya adalah dengan menghapus list atau menggunakan domain lain.

Tapi, jika masih tetap ingin menggunakan email itu, berikut cara yang cukup mudah untuk menghapus domain email dari daftar spam block list.
  1. Kunjungi halaman: https://mxtoolbox.com/blacklists.aspx
  2. Tulis domain email anda pada kolom yanh tersedia. Dan pilih blacklist check.
  3. Apabila hasilnya menunjukan warna hijau dengan status Ok, maka email anda aman. Berarti penyebab lain yang membuat pesan anda masuk spam.
  4. Jika ternyata hasil analisis menujukan warna merah disertai peringatan we notice you are on a blacklist. Maka itu artinya domain anda termasuk dalam daftar list spam.
  5. Berikut solusinya. Pertama kunjungi halaman: https://spamrl.com/delist/
  6. Pada pilihan whitelist, centang domain atau jika anda hafal alamat IP maka gunakan IP.
  7. Masukan domain, dan validasi captcha.
  8.  Pilih submit. Tunggu sekitar 7 sampai 15 hari untuk melihat hasilnya.

Tulis Pesan Sesuai Ketentuan dan Syarat yang  Berlaku

Pada dasarnya, langkah ini sifatnya cegahan yaitu agar email yang anda kirim dapat terbebas dari filter spam. Saat ini banyak penyedia email menerapkan teknologi yang mampu mengidentifikasi suatu pesan dari kerangka konten di dalamnya.

Misalnya, google melalui gmail dan 1and1 di mail.com. Pada kedua perusahaan besar ini, ada beberapa syarat dan ketentuan dasar yang harus dipenuhi agar pesan terlampir pada kotak masuk bukannya terselip di kotak spam.

Syarat itu, berkaitan erat dengan konten pesan karena itulah fungsi utama email. Nah dalam suatu pesan dilarang keras didalamnya terdapat kandungan kata kata yang bersifat menghasut, mengancam atau mengintimidasi hingga kekerasan.

Selain itu, bentuk pesan yang narasinya dibangun untuk tujuan promosi produk judi, perdagangan ilegal, dan sebagainya juga secara otomatis akan di arahkan kedalam kotak spam.

Jadi, kunci utama dari masalah ini adalah gunakan email dengan baik, tulis pesan sesuai kebutuhan yang positif ya kawaan.

Gunakan Layanan Email Premium untuk Konfigurasi Pesan Satu Arah

Anda mesti pernah menerima email yang tidak bisa dibalas, atau didalamnya tertulis peringatan untuk tidak membalas email tersebut karena sifatnya pemberitahuan dan dikirim oleh mesin otomatis alias bot.

Atau mungkin, justru anda sering melakukan hal ini, dan malah pesan yang dikirim dianggap spam? Nah, metode ini biasa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar di dunia. Tapi mengapa pesan mereka tidak terlampir dalam kotam spam?

Hal ini disebabkan karena, kebanyakan dari mereka memanfaatkan jasa layanan email premium. Ada banyak penyedia jasa email premium yang bisa anda coba jika berminat dengan hal ini. Tapi, pesan yang dikirim juga harus sesuai dengan koridor aturan utama.

Yaitu tidak boleh didalamnya terkandung pesan yang sifatnya menghasut, dan lain sebagainya, untuk itu biasanya jasa ini melayani jenis pesan promosi produk suatu perusahaan. Saat ini, promosi produk melalui email terbilang cukup efektif dimana sekarang masih banyak orang yang menggunakan email sebagai alat mereka berkomunikasi.

Jangan Campur Konten Http dan Https pada Email

Baru saja kemarin saya menulis mengenai bahaya mencampur konten http dan https pada web atau blog. Masalah ini menyangkut erat dengan keamanan data dan privasi pengguna.

Email adalah alat komunikator yang sifatnya pribadi, banyak orang, termasuk saya pribadi dengan leluasa mengirim data pribadi saya kepad teman atau kawan tanpa khawatir data itu akan dicuri orang.

Nah mencampur konten http dan https pada suatu pesan dapat membuka kemungkinan yang cukup besar bagi para hacker untuk mencuri data pribadi kita pada suatu pesan email.

Maka dari itu, dengan otomatis sistem akan memblokir setiap pesan yang demikian dengan memasukannya ke dalam kotak spam. Resiko pencurian data inilah yang menjadi alasan besar mengapa email anda dikategorikan sebagai spam.

Apasih Akibat Email yang Kita Kirim Masuk Folder Spam?

Rugi adalah kata yang cocok untuk menjawab pertanyaan demikian. Apa sebabanya? Karena presentasi pesan dibaca akan menurun ketika itu termasuk dalam spam.

Beberapa perusahaan penyedia email memberlakukan masa aktif pesan spam. Pada Gmail misalnya, email spam akan dihapus secara otomatis dari penyimpanan kita apabila lewat dari 1 bulan sejak pesan itu masuk.

Sedangkan, tujuan utama kita mengirim email agar supaya penerima dapat membaca pesan kita, nah ketika pesan itu masuk dalam kotak spam maka jangan harap penerima melihatnya. Bayangkan jika pesan yang kita kirim cukup penting, maka siap-siap saja urusannya akan cukup panjang jika pesan anda dianggap spam.

Penutup

Demikian ulasan mengenai penyebab email dianggap spam semoga tulisan ini bermanfaat dan membantu. Apabila ada yang salah atau kurang bisa ditambahkan pada kolom komentar dibawah ini, itu akan sangat berarti buat saya. Oh iya, apabila berkenan bagikan artikel ini ke media sosial anda dan jangan lupa berlangganan artikel gratis dari blog ini lewat email. Jangan lupa konfirmasi ya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Mengapa Email Saya dianggap Spam? Inilah Penyebabnya"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel