SSD, TRIM, dan Pemulihan Data yang Dihapus

SSD, write amplification, data recovery, trim
Sumber gambar: searchstorage.techtarget.com

SSD terkenal karena keandalan dan kecepatannya, tetapi yang tampaknya kurang dipahami dengan baik adalah apa yang terjadi pada drive SSD modern yang mengaktifkan TRIM saat file dihapus? Berikut ulasannya.

Apa itu TRIM?

TRIM adalah perintah yang harus didukung oleh sistem operasi komputer serta SSD di dalam komputer itu. Singkatnya, TRIM adalah metode untuk memperpanjang masa pakai SSD serta mencegah penurunan kinerja yang tak terhindarkan yang akan terjadi seiring waktu jika TRIM tidak diaktifkan.

Alasan penurunan SSD dari waktu ke waktu cukup sederhana. Agar area SSD dapat menerima data baru, data lama harus dihapus terlebih dahulu, membuat kinerja hit pada setiap upaya penulisan karena setiap halaman harus dibaca terlebih dahulu (untuk menentukan apakah halaman kosong atau tidak) kemudian secara efektif ditulis menjadi dua kali, sekali untuk menghapus data asli dan sekali lagi untuk menulis data baru ke halaman.

Semakin banyak penghapusan yang terjadi dari waktu ke waktu, semakin besar kemungkinan beberapa atau semua halaman yang sedang ditulis perlu dibersihkan dari datanya terlebih dahulu. Kendala ini mulanya memukul kinerja dan kecepatan SSD dalam mengolah data yang akhirnya mulai terkikis sampai-sampai SSD akan menjadi lebih lambat daripada hard disk tradisional.

Masalah ini dikenal sebagai Write Amplification dan dengan cepat menjadi masalah besar dan tidak diinginkan pada SSD mahal Anda.

Apa itu Write Amplification?

Fenomena Write Amplification ada karena persyaratan sel flash harus kosong sebelum dapat ditulis. Ada masalah lebih lanjut yang memperparah cara menangani masalah ini di dalam SSD dan itu turun ke cara mendasar di mana SSD bekerja.

Data dipecah pada SSD menjadi berbagai unit, di sini kami mempertimbangkan 'halaman' SSD dan 'blok' SSD. Saat data ditulis ke SSD, data ditulis dalam halaman, halaman ini biasanya berukuran 2 atau 4KB. Namun, ketika siklus penghapusan terjadi, itu harus terjadi di blok. Blok ini akan terdiri dari sejumlah halaman, katakanlah 5 halaman demi artikel ini.

Ketika file kecil, atau bagian dari file yang lebih besar ditulis ke halaman dalam blok, mungkin ada halaman lain yang digunakan oleh data lain, tidak ada masalah dengan SSD menyimpan data dengan cara ini, hingga salah satu file yang menempati halaman yang sama dihapus.

Di atas telah dibahas bahwa agar SSD dapat dioptimalkan, data yang dihapus ini harus dihapus oleh TRIM, tetapi hal ini dihadapkan dengan masalah lebih lanjut yang dapat memperlambat SSD lebih jauh.

Masalah ini adalah fakta bahwa SSD hanya dapat menghapus konten area yang digunakan satu blok pada satu waktu. Karena itu, biaya tambahan lebih lanjut ditambahkan karena data yang menempati blok yang sama dan belum dihapus perlu di-cache oleh SSD saat melakukan pembersihan blok dan kemudian ditulis ulang lagi setelah pembersihan dilakukan.

Karena alasan ini, Write Amplification mungkin memiliki kinerja yang dipaksakan beberapa kali kecepatan tulis SSD Anda, dalam beberapa kasus, ini mungkin meningkat hingga 1000%. Jelas terlihat bahwa ini adalah masalah besar jika tidak ditangani secara efektif.

Bagaimana TRIM Bekerja?

Dengan SSD dan komputer berkemampuan TRIM, beberapa hal tambahan terjadi saat data dihapus, hal-hal ini tidak diperlukan untuk drive non-SSD.

Biasanya ketika sebuah file dihapus, record untuk file tersebut di dalam sistem file akan dihapus atau ditandai sebagai dapat digunakan (atau keduanya, tergantung pada kombinasi sistem file / sistem operasi tertentu). Untuk hard drive standar, ini menghasilkan penghematan waktu dan overhead karena tidak ada masalah seperti penurunan kinerja yang disebutkan di atas dalam menimpa data yang ada.

Pada sistem yang mengaktifkan TRIM, perintah tambahan dikirim ke drive SSD, yang jika tidak, tidak akan mengetahui apa yang terjadi di tingkat sistem file, saat file dihapus. Perintah ini memberi tahu SSD halaman mana yang berisi data yang dihapus, memungkinkan SSD untuk menghapus halaman-halaman ini selama siklus pengumpulan sampahnya.

Bagaimana TRIM memengaruhi Pemulihan Data?

Ini adalah pertanyaan sederhana untuk dijawab. Setelah data dihapus menggunakan TRIM, data tidak dapat dipulihkan. Data dikosongkan dengan cara yang tidak meninggalkan jejak konten sebelumnya.

Tidak mungkin memulihkan data yang dihapus dari SSD / sistem operasi yang mengaktifkan TRIM setelah perintah TRIM menghapus data. Semua program un-delete file yang telah menyelamatkan orang dari data yang hilang dari hard disk drive tradisional mereka tidak lagi berguna setelah TRIM ikut bermain.

Jika prevalensi SSD terus berlanjut, perangkat lunak pemulihan file mungkin akan segera menjadi bagian dari masa lalu atau setidaknya mundur ke penggunaan terbatas di mana sistem telah gagal atau rusak daripada data yang telah dihapus.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "SSD, TRIM, dan Pemulihan Data yang Dihapus"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel